Cara Pasang Sitemeter di Blog

Pada artikel Top Search Queries Google ke blog hikarianna ada komentar dari pengunjung yang menanyakan tentang cara memasang sitemeter. Oleh karena itu, saya membuat artikel ini dengan maksud dapat memenuhi permintaan dari pengunjung blog ini ^_^

Hal yang saya suka dari sitemeter ini adalah, kesederhanaannya. Dengan sitemeter kita dapat melihat data pengunjung seperti:
  • recent visitor (by details, bu referral, by world map, by location, by out clicks, by entry pages, by exit pages)
  • visits(current day, previous 7 days, previous 30 days, previous 12 months)
  • visits and page views(current day, previous 7 days, previous 30 days, previous 12 months)
  • page ranking(entry pages, exit pages)
Yang sering saya periksa dengan sitemeter adalah jumlah visitor per hari dan jumlah view page per hari dan referral website.

Sudah cukup basa-basinya, sekarang saya akan menjelaskan cara memasang sitemeter di website atau blog. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti:
  1. Masukkan ke website sitemeter dan daftarkan diri anda(nanti akan ditanyakan pula URL blog). Pilih yang basic FREE yah ^_^ kan mau yang gratiz.
  2. Login ke website sitemeter dan pilih menu manager.
  3. Pilih site information, dan isikan data blog.
  4. Pilih meter style, dan tentukan icon yang ingin ditampilkan di blog.
  5. Pilih HTML code, copy script "Site Meter JavaScript HTML" untuk new blogger/XML/Java atau "Site Meter Regular HTML" untuk blogger klasik. Untuk blog ini saya memilih "Site Meter Javascript HTML" dan meletakkan script tersebut di gadget-html/javascript

Nah, untuk melihat statistik pengunjung, tinggal klik gambar sitemeter yang ada di halaman blog kita. Demikianlah cara memasang sitemeter di blog, sederhana kok, coba-coba sendiri saja pasti bisa :)

3 komentar: