8 Kiat Mencegah Laptop Overheat

Insiden laptop meledak karena overheat (panas berlebih) belakangan ini seringkali terjadi. Tentunya kejadian ini membuat para pengguna laptop yang lain turut ketar-ketir.

Waspada memang penting, tapi jangan sampai kita menjadi paranoid. Untuk itulah, simak 8 kiat untuk menghindari terjadinya overheat pada laptop:
  • Bersihkan sistem ventilasi pada laptop dengan kompresor.
  • Selalu letakkan laptop di permukaan yang keras. Hindari meletakkan laptop di selimut, kain wool atau permukaan lembut lainnya yang dapat menghalangi angin dan pertukaran udara.
  • Matikan laptop sebelum memasukkannya ke dalam kotak/tas. Jika Anda tidak ingin mematikannya, atur laptop dalam kondisi hibernate. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya proses peningkatan panas. Jangan sekali-kali meletakkan laptop yang sedang beroperasi di tempat yang sempit, ini bisa meningkatkan panas.
  • Instal software monitoring, seperti SpeedFan, yang memungkinkan Anda untuk mengawasi dan memantau suhu prosesor, hard drive dan komponen lainnya.
  • Atur setting power untuk mencegah panas berlebih pada komponen seperti layar dan hard drive. Turunkan power secepatnya jika memang tidak dibutuhkan.
  • Anda juga bisa menggunakan pendingin laptop yang dapat mencegah panas berlebih.
  • Jika laptop Anda berpotensi mengalami overheat dan masih dalam masa garansi, jangan ragu untuk melaporkan keluhan Anda tersebut.
  • Jika Anda berencana membeli laptop baru, jangan gegabah! Telitilah dulu dengan seksama. Cari informasi tentang laptop model dan merek apa yang sering overheat, sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari.
sumber : detikinet

3 komentar:

  1. klo mencegah sapidi yang overquota gimana kk... sapidi aku overquota muluk nih...

    BalasHapus
  2. Nyegah overquota? gampang.
    cabut aja kabel modem u. tar kan ga bakal ada spend bandwith lg.

    BalasHapus
  3. ow, utk menghindari overquota ya,.. tenang ada kok caranya, hehe, Ini cara super manjur banget... Caranya itu, silahkan pakai unlimited, wkaka :p
    Udahan ah OOT(out of topicnya) ^^

    BalasHapus